Perangkat Pembelajaran Kimia Kelas XII

Perangkat Pembelajaran Kimia Kelas XII Perangkat pembelajaran adalah komponen (alat atau perlengkapan) yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Perangkat Pembelajaran Kimia Kelas XII


Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta transformasi dan interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan di kehidupan sehari-hari. Istilah Ahli Kimia pertama kali muncul pada abad ke-9 di Negara Arab, dimana manusia menemukan bahwa panas dan api bisa mengubah zat satu menjadi zat yang lain.

Dari tahun ke tahun, ada banyak cabang pelajaran yang terbagi dari Ilmu Kimia. Cabang pelajaran yang paling terkenal adalah Alkimia. Tanpa kita sadari, hidup kita sehari-hari banyak dipengaruhi oleh proses kimia, baik itu adalah dari barang-barang yang kita pakai (misalnya obat-obatan, kosmetik, pakaian) hingga dengan fenomena alam pada umumya. Oleh karena itu Kimia mempunyai peran yang penting bagi manusia untuk lebih mengenal lingkungan dan mempelajari dampak dari berbagai hal terhadap kehidupan mereka.

Perangkat Pembelajaran Kimia Kelas XII

Perangkat Unduh
RPP Unduh
Silabus Unduh
Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi Unduh
Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian Unduh
KKM Unduh
Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Unduh
Analisis Kompetensi Unduh
Analisis Keterkaitan KI/KD Unduh
Analisis Alokasi Waktu Unduh
Form Penilaian Unduh
Program Tahunan Unduh
Program Semester Unduh
Jurnal Unduh

Perangkat pembelajaran yang baik dirancang untuk mendukung tujuan pembelajaran, memenuhi kebutuhan siswa, dan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Sekian yang dapat pengajarpedia berikan, semoga beranfaat untuk bapak/ibu semua.
Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram