Pengalaman Mengikuti Latsar CPNS 2021

Pengalaman Mengikuti Latsar CPNS 2021 -  Setelah kita lolos seleksi CPNS diantaranya administrasi, tes seleksi kompetensi dasar (SKD), tes seleksi kompetensi bidang (SKB), pemberkasan, kemudian kita akan mendapatkan SK CPNS 80%. Apa maksudnya CPNS 80%? maksudnya, kita sudah sah menjadi CPNS namun dalam pembayaran gaji masih 80% dari gaji kita sebenarnya. Untuk menghilangkkan C (Calon) pada CPNS menjadi PNS yang 100% jadi kita harus mengikuti kegiatan nih yang namanya Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Pasal 64 ayat (1) “Masa percobaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63 ayat (3) bagi calon PNS dilaksanakan selama 1 (satu) tahun” dan Pasal 64 ayat (2) “Instansi Pemerintah wajib memberikan pendidikan dan pelatihan kepada calon PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) selama masa percobaan”. 

Mungkin banyak dari kalian yang penasaran, ngapain aja sih waktu kegiatan  Latsar itu? Nah, disini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saat mengikuti Latsar CPNS tahun 2021.

Pengalaman Mengikuti Latsar CPNS 2021  - www.pengajarpedia.com
Pengalaman Mengikuti Latsar CPNS 2021

Menerima Surat Panggilan Pelaksanaan Latsar

Setelah menerima SK CPNS 80% , kita akan langsung terjun ke lokasi kerja sesuai dengan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) dan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) yang berlaku pada SK kalian sembari menungu surat panggilan untuk mengikuti kegiatan Latsar. Karena banyaknya peserta CPNS, jadi dalam pelaksanaannya kita dipecah menjadi beberapa gelombang dan satu gelombang nanti juga dipecah menjadi beberapa angkatan. 

Di dalam surat pemanggilan Latsar tersebut, terdapat informasi kegiatan serta hal-hal yang perlu kalian persiapkan, seperti 1) Wajib Tinggal di Asrama, Peserta Pelatihan Dasar CPNS diwajibkan untuk tinggal di asrama dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). 2) Waktu Pelaksanaan Kegiatan, kegiatan latsar dilaksanakan dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan maka dari itu kita harus mempersiapkan barang dan kebutuhan yang diperlukan selama di Asrama. 3) Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan, hal lainnya yang perlu dipersiapkan seperti pakaian selama di asrama baik yang wajib maupun pakaian bebas saat pelatihan selesai, peralatan seperti laptop, dan barang-barang lainnya yang diwajibkan untuk dibawa selama pelatihan di asrama. Selain itu kita juga diharuskan untuk mengirimkan beberapa berkas (softcopy), seperti Keputusan Pengangkatan sebagai CPNS (pdf), Pernyataan Melaksanakan Tugas dari PPK Instansi Pemerintah asal Peserta (pdf), Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (pdf), Penugasan dari PPK Instansi Pemerintah asal Peserta (pdf), dll.

Oh iya, untuk pelaksanaan latsar sendiri dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu :

  1. On campus I , pada tahap on campus I kita menerima pembelajaran di asrama selama kurang lebih 1 bulan. Selama waktu itu kita akan diberikan banyak materi tentang ASN. Selanjutnya diakhir kita harus membuat rancangan aktualisasi yang akan diterapkan di instansi tempat kita bekerja.
  2. Off campus I, selanjutnya kita kembali ke instansi masing-masing. Pada tahap off campus I, kita akan mengerjakan aktualisasi sesuai rancangan yang telah kita buat sebelumnya pada tahapan on campus I. 
  3. On campus II, tahapan terakhir adalah ujian aktualisasi.

Pelaksanaan Latsar

Pelaksanaan Apel  - www.pengajarpedia.com
Pelaksanaan Apel
Hari pertama pelaksanaan masih sedikit santai, karena kita masuk asramanya sekitar jam 13.00 WITA dan ada beberapa peserta yang menempuh jarak yang jauh dari asrama, mungkin itu salah satu pertimbangan dari panitia untuk hari pertama agar beristirahat. Setelah mendapatkan kunci kamar asrama, kita langsung menuju kamar. Oh iya dalam satu kamar terdiri dari 2 orang dan itu sudah ditentukan ya. Waktu beristirahat saya gunakan untuk merapikan barang dan menyempatkan waktu juga untuk berkenalan dengan teman-teman latsar lainnya. 

Pada malam harinya kebanyakan dari kita tidur lebih awal, karena dilihat dari jadwal kalau besok harinya jadwal akan sangat padat. Sebenarnya kamar yang saya dapat sangat nyaman, tapi kalian pernah ngga ngerasain ngga bisa tidur di tempat dengan suasana baru?? nah itu yang saya rasakan 😂wkwk.. tapi itu di hari pertama saja kok, hari berikutnya tidur lelap karena kecapekan 😂wkwkwk..  

Pelaksanaan Pelatihan  - www.pengajarpedia.com
Pelaksanaan Pembelajaran
Hari kedua masih sedikit santai juga karena masih belum ada pembinaan fisik/jasmani. Hari ketiga dan seterusnya, kegiatan mulai sangat padat dari kegiatan pembinaan fisik mulai pukul 05.00 WITA sampai apel malam pukul 20.00 WITA. Selama rentang pukul 05.00 - 20.00 WITA kegiatan sangat padat dimulai dengan pembinaan fisik, sarapan pagi, apel pagi, pelatihan dalam ruangan/pelatihan diluar ruangan, snack pagi, setelah itu lanjut pelatihan lagi, dan seterusnya sampai apel malam dan tugas mandiri.

Setiap pelaksanaan kegiatan apel pagi/malam, kegiatan sebelum/sesudah pembelajaran, kegiatan mengawali/mengakhiri makan, kegiatan mengawali/mengakhiri snack semuanya memiliki tata tertib yang harus dipatuhi. Selain itu dalam satu angkatan kita akan terbagi menjadi beberapa kelompok piket dimana kelompok piket bertugas untuk menyiapkan & membersihkan meja makan, menyiapkan & merapikan ruangan sebelum/sesudah pembelajaran, serta menjadi perangkat pelaksana apel pagi/malam. 

Pelaksanaan Pelatihan  - www.pengajarpedia.com
Pelaksanaan Pembelajaran
Selain itu, kita harus juga menghafal dan menghayati Panca Prasetya Korpri serta lagu hymne Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti.

Panca Prasetya Korpri

Kami Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia Adalah Insan Yang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berjanji:
  1. Setia Dan Taat Kepada Negara Kesatuan Dan Pemerintah Republik Indonesia Yang Berdasarkan Pancasila Dan Undang-Undang Dasar 1945
  2. Menjunjung Tinggi Kehormatan Bangsa Dan Negara Serta Memegang Teguh Rahasia Jabatan Dan Rahasia Negara
  3. Mengutamakan Kepentingan Negara Dan Masyarakat Di Atas Kepentingan Pribadi Dan Golongan
  4. Memelihara Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Serta Kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia
  5. Menegakkan Kejujuran, Keadilan dan Disiplin Serta Meningkatkan Kesejahteraan Dan Profesionalisme
Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti

Demi Tuhan Yang Maha Esa
Nusa dan Bangsa
Aku Bersumpah Setia
Untuk Mengabdi dan Melindungi
Serta Mengayomi Bangsaku, Negeriku Tanah Airku
Indonesia, Kuserahkan Seluruh Jiwa Ragaku
Kukerahkan Seluruh Dayaku
Untuk Pertiwi
Terimalah Baktiku
Terimalah Pengabdianku
Abdipraja
Dharma Satya Nagara Bhakti


Kesan Mengikuti Latsar

Pembinaan Fisik/Jasmani  - www.pengajarpedia.com
Pembinaan Fisik/Jasmani

Sangat bersyukur dapat menyelesaikan pelatihan dengan baik, lebih bersyukur lagi bisa bertemu teman-teman yang baik dan ramah serta bertemu orang-orang hebat lainnya seperti pengajar, pengampu, maupun petugas. Banyak ilmu dan pengalaman baru yang diperoleh semoga menjadikan diri ini lebih berkembang lagi. Buat teman-teman yang akan melaksanakan latsar ngga usah takut, nikmati setiap prosesnya dan ikuti aturan yang sudah ditetapkan. Kegiatan latsar sangat mengasyikan namun cukup sekali untuk dilaksanakan 😅wkwk.. Indah untuk dikenang, tak indah untuk diulang 😂 begitu candaan bersama teman-teman dulu wkwk.. Mungkin segitu yang dapat saya ceritakan, terimakasih..

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

1 komentar

  1. Mantap, semoga tahun ini saya juga lancar
© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram