Pengalaman Lolos CPNS Tahun 2019

Pengalaman lolos CPNS 2019 - Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman pada saat saya mengikuti seleksi CPNS tahun 2019. Saya menulis untuk berbagi maupun untuk mengingat kembali perjuangan dulu. Tetap semangat untuk sobat pengajar yang akan mengikuti seleksi.

peserta CPNS 2019
Peserta CPNS 2019
Keberuntungan terlahir dari 2 faktor yaitu tuhan dan kita. dari tuhan namanya kesempatan, dari kita namanya persiapan. Jadi saat kesempatan bertemu dengan persiapan maka lahirlah keberuntungan

Mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan salah satu tujuan saya semenjak lulus dari kuliah. Saya lulus bulan maret tahun 2019 dari salah satu Universitas Negeri di Bali. Setelah lulus saya tidak ingin untuk belama-lama menganggur, jadi sebelum dan sesudah wisuda saya sudah menaruh berbagai lamaran di berbagai tempat yang membuka lowongan pekerjaan. Selain itu, dengan latarbelakang pendidikan yang dimiliki, saya juga menaruh lamaran di beberapa sekolah. Beberapa kesempatan interview berdatangan. Akhirnya saya diterima di beberapa sekolah SMK di Karangasem untuk mengabdi sebagai guru honorer. Saya mulai mengabdi pada awal semester bulan juni.

Tidak lama ada isu-isu akan ada pembukaan seleksi CPNS menguat dan benar telah diumumkan oleh pemerintah akan mulai dibuka pada bulan Oktober 2019. Saya langsung mencari informasi agar tidak ketinggalan. Setelah melihat formasi yang telah dibuka, saya memutuskan untuk mengambil kesempatan mengikuti seleksi di instansi pemerintah provinsi Bali tepatnya SMAN 1 Rendang.

formasi CPNS 2019
Formasi CPNS 2019

Mendaftar dan Mempersiapkan Berkas

Pendaftaran dilaksanakan dari tanggal 14 s.d 28 November 2019. Proses pendaftaran seluruhnya dilakukan online. Berkas pendaftaran diajukan oleh pelamar dengan mengunggah (upload) berkas pendaftaran di portal https://sscasn.bkn.go.id . Adapun berkas yang diperlukan antara lain KTP, Surat lamaran, Pas Photo latar merah kemeja putih, Ijasah, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Dokter, dan Surat Pernyataan. Semua berkas merupakan hasil scan. Sedikit mengingatkan buat kalian mungkin harus lebih teliti dalam memasukan data dalam proses Seleksi Administrasi, karena ada beberapa kasus kesalahan input data menjadikan peserta tidak lolos seleksi administrasi, kan ngga enak belum berjuang sudah tidak lolos diawal..

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan bulan Februari tahun 2020 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali. Persiapan menjelang tes SKD mungkin bisa dibilang saya yang paling ngebet (berambisi) diantara temen-temen kerja dulu, itu karena tes CPNS 2019 merupakan pengalaman petama saya ikut, saya sering bertanya ke temen-temen yang sudah pernah ikut sebelumnya dan sering juga tanya-tanya ke kakak tingkat yang sudah lolos (kayaknya mereka risih karena saya kebanyakan nanya wkwk) saking antusiasnya mau ikut. 
Passing Grade SKD CPNS 2019
Passing Grade SKD CPNS 2019 (Sumber : BKN)
Dulu saya mencari informasi tentang berapa passing grade yang harus dilampaui agar bisa lolos. Yang ada dipikiran, pokoknya terlampaui dulu.. setelah itu baru mikir peringkat hehe.. Selain bertanya-tanya ke para senior dan teman-teman yang sudah pernah tes sebelumnya, saya juga mengasah skill dengan membeli buku SKD serta banyak mendownload soal-soal yang didapat dari pencarian di internet, saya juga bergabung di berbagai grup belajar bersama di telegram. 
Setiap orang cara belajarnya beda-beda, kalau saya lebih senang belajar dengan cara menulis ataupun corat-coret serta meringkas materi dengan pembuatan mind mapping. Soalnya kalau habis belajar kita menuliskan kembali apa yang sudah dipelajari menurut saya lebih gampang untuk melekat di otak.
Saya belajar cukup keras untuk memaksimalkan kesempatan ini. Selain itu saya males juga kalau harus belajar mengulang lagi dari awal apabila tidak lolos. Agar fokus, saya juga menghapus (sementara) beberapa aplikasi sosial media dan game yang ada di hp (mungkin agak berlebihan wkwk) karena cukup mengganggu saat kita mau fokus godaan untuk mengecek notifikasi atau pun feed terbaru sangat besar dan akan menghabiskan banyak waktu kalau dilakuiin terus.  
Pada saat pelaksanaan tes, ada beberapa cara untuk mengerjakan dengan baik. Ada yang menyarankan agar mengerjakan TKP terlebih dahulu karena otak masih fresh diawal jadi bagus untuk menjawab soal analisis, ada juga yang menyarankan mengerjakan TIU terlebih dahulu. Kalau saya agak berbeda, saya menjawab secara berurutan TWK, TIU, lalu TKP. Menjawab berurutan namun hanya untuk melampaui passing grade saja dulu.. jadi saya mengerjakan soal TWK yang saya yakin benar sebnayak 13 soal, lalu pindah ke soal TIU dengan mengerjakan 16 soal yang saya yakin benar, lalu ke pindah ke soal TKP, nah di TKP kan agak berbeda tuh karena setiap pilihan mempunyai skor jadi saya kerjakan semuanya. Nah setelah yakin sudah melampaui passing grade, baru saatnya untuk menambah point dengan kembali ke soal awal TWK dan TIU. 

Hasil seleksi :
Hasil Tes SKD
Hasil Tes SKD

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang awalnya direncanakan bulan maret diundur menjadi September 2020 karena adanya pandemi Covid-19. Duh deg-degannya lebih lama lagi tapi sisi positifnya saya memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri. 

SKB keguruan terdiri dari 60% soal Pedagogik dan 40% soal sesuai Bidang. Ada banyak materi yang perlu dipelajari dalam waktu yang singkat, makanya lebih gampangnya saya ringkas dengan membuat mind mapping agar mudah untuk diingat. 
Saya sarankan teman-teman untuk bergabung juga di berbagai grup pembahasan soal CPNS di grup telegram. Dengan bergabung di grup telegram juga bisa mendapatkan kisi-kisi dari soal yang keluar tahun sebelumnya. Kisi - kisi soal yang keluar pada tes tahun 2019 yaitu  :

Soal Pedagogik : Teori Belajar, PTK, Model Pembelajaran, Kecerdasan, KKM, Remedial & Pengayaan, Patokan Hasil Belajar (PAN & PAP), Prinsi Penilaian, Skala Penilaian, Teknik Penilaian, Kesulitan Belajar Peserta Didik, Peran Guru, Dimensi Pengetahuan, Gaya Berfikir, Keterkaitan SKL, KI, KD, Indikator dan Silabus, RPP, Prota, Promes, Pendekatan Saintifik K13, 4C, PPK, Evaluasi Pembelajaran, Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Penilaian, Penyusunan Butir Soal, Penyusunan Promes 

Soal Bidang TIK dibagi menjadi 3, yaitu Jaringan, Pemrograman, dan Multimedia
Jaringan  : Perangkat Keras Komputer, K3LH, Troubleshooting Komputer, Macam-macam Jaringan, Topologi Jaringan, Perangkat Keras Jaringan Komputer, Kabel, Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Brainware), Layanan Jaringan (OSI Layer), Protokol Jaringan, IEEE, Keamanan Jaringan, Ancaman Jaringan
Pemrograman : Flowchart, HTML, PHP, Java, C++, Pascal, CSS, Javascript, Database (Query)
Multimedia : Aturan Framing, Angle (Sudut Pandang), Shot Kamera, Gerakan Kamera, Segitiga Exposure (Aperture, Shutter Speed, dan ISO), Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint, Animasi  


Hasil seleksi :
Hasil Tes SKB
Hasil Tes SKB
Pengalaman lolos CPNS Tahun 2019 - Mungkin hanya segitu yang dapat saya ceritakan. Semangat buat teman-teman yang akan berjuang tahun ini semoga dilancarkan. 

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

2 komentar

  1. Wahh keren gan, sangat memotivasi
  2. Menginspirasi bang
© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram