10 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Untuk Pelajar dari HP

Bosen ngga sih belajar mulu, ingin coba mencari penghasilan tambahan tapi kamu masih duduk di bangku sekolah. Menyelesaikan pendidikan memang suatu ke
10 Cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk pelajar dari HP - Bosen ngga sih belajar mulu, ingin coba mencari penghasilan tambahan tapi kalian masih duduk di bangku sekolah. Menyelesaikan pendidikan memang suatu kewajiban yang harus kalian selesaikan, namun apabila kalian bisa menjalankan kewajiban dibarengi dengan mencoba pengalaman tambahan mencari penghasilan itu lebih bagus, asal tidak mengganggu waktu belajarmu ya. Berikut pengajar pedia telah merangkum beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk pelajar yang bisa kalian lakukan dengan hanya menggunakan HP, silakan disimak..
Cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk pelajar dari HP
Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Untuk Pelajar Dari HP (Sumber foto : freepik)

1. Menjadi Dropshipper

Jika kalian mau memulai mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal yang terbatas, Dropshipping merupakan salah satu yang bisa kalian kerjakan. Dropship adalah bisnis yang bisa dilakukan oleh siapapun termasuk pelajar dengan modal yang minim. Dropship merupakan sistem pemasaran atau penjualan barang miliki pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu/tanpa harus menyetok barang. 
Dropshipper merupakan sebutan untuk kalian (pihak ketiga) yang menghubungkan produsen/pemasok dengan pembeli. Dropshipper berbeda dengan Reseller, dropshipper bisa mengirim barang langsung dari pemasoknya ke pembeli tanpa perlu menyediakan tempat dan repot untuk melakukan pengemasan barang sedangkan Reseller biasanya harus mengeluarkan modal untuk membeli stok barang dari pemasok untuk kemudian dijual kembali.
Di era teknologi saat ini, dengan memanfaatkan teknologi digital kalian bisa melakukan penjualan via online melalui media sosial ataupun e-commerce.

2. Menjadi Reseller (Bisnis Online Shop)

Cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk pelajar lainnya yaitu menjadi seorang Reseller. Resseller merupakan seseorang yang menjual kembali barang dagangannya atau seseorang yang membeli barang dengan tujuan untuk menjualnya kembali. Reseller akan membeli barang dari pemasok/produsen selanjutnya melakukan stok berbagai barang dengan melihat barang yang dibutuhkan oleh pasar lalu akan menjualnya kembali. Berbeda dengan Dropshipper, Reseller memerlukan modal yang lebih besar karena harus menyetok barang terlebih dahulu.

3.  Menjadi Blogger

Menjadi seorang blogger merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan lainnya untuk para pelajar. Blog merupakan website yang berisi beragam informasi berupa artikel, foto, maupun video yang bisa kalian bagikan untuk menarik pengunjung datang.  Apabila pengunjung blog kalian sudah banyak, nantinya blog kalian bisa ditambahkan iklan menggunakan google adsense. Namun ini memerlukan waktu yang banyak dan konsistensi dalam mengerjakannya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain dengan menggunakan Ads google, kalian juga bisa menghasilkan uang di blog dengan endorsement dari produk yang tertarik.

4. Menjadi Penulis Freelance

Apabila kalian seorang pelajar yang suka atau hobi menulis, cara mendapatkan penghasilan tambahan melalui menjadi penulis freelance merupakan pilihan yang tepat. Tidak ada pekerjaan yang sangat menyenangkan selain pekerjaan yang didasari oleh hobi atau kesenangan. Saat ini banyak situs online yang bersedia membayar tulisan kalian untuk ditanyangkan pada situs atau konten mereka seperti :
  1. Mongabay.co.id (Situs berita lingkungan di Indonesia), penulis berhak mendapatkan bayaran  per tulisan dengan dihitung per kata sebesar Rp.750, dan untuk foto sebesar Rp.50.000 - Rp.100.000.  Jadi misalnya kalian menulis tulisan sepanjang 1200 kata dan diterima pada situs ini, maka kalian berhak mendapatkan bayaran sebesar Rp.900.000.
  2. Geotimes.co.id (Situs terkini tentang tokoh dan kebijakan publik), untuk satu tulisan, penulis akan mendapatkan bayaran sebesar Rp. 350.000
  3. Mojok.co (Situs berisi konten satir), penulis mendapatkan bayaran sebesar Rp.250.000 - Rp.300.000 per tulisan
  4. Remotivi.or.id (Situs berisi opini dan esai, fokus pada tulisan berkaitan dengan isu jurnalisme),  penulis berhak mendapatkan bayaran sebesar Rp.350.000 per tulisan
  5. Basabasi.co (Opini, cerpen, dan resensi buku), penulis berhak mendapatkan bayaran sebesar Rp.100.000 per tulisan
  6. VoxPop.id (Opini dan pandangan terkait kehidupan masyarakat), penulis berhak mendapatkan bayaran sebesar Rp.250.000 per tulisan
  7. Buruan.co (Kajian dan apresiasi), kalian bisa menerima bayaran sebesar Rp.200.000 per tulisan
  8. Alif.id (Budaya islam, isu keberagaman, dan tulisan pencerahan lainnya), apabila dimuat penulis berhak mendapatkan bayaran sebesar Rp.250.000 per tulisan
  9. IDN Times (Media Online), pada IDN Times menggunakan sistem poin dilihat dari banyaknya orang atau pengunjung yang membaca tulisan kalian. Dari 100 views dari artikel kalian akan mendapatkan nilai 1 poin, minimal poin yang bisa ditukarkan adalah 500 poin dan kelipatannya. Misalnya kalian memiliki artikel dan dibaca atau dikunjungi oleh 150.790 pageviews, maka kalian mendapatkan 1500 poin. Poin ini bisa kalian tukarkan (redeem) dengan uang tunai senilai Rp.150.000 atau hadiah tertentu. Sisa poin tidak akan hilang, tetapi menjadi saldo poin yang kalian miliki.
  10. Medium, Penulis di medium dalm bentuk dollar dengan sumber uang berasal dari biaya berlangganan para member. Biaya membership bulanan di medium sebesar $5 atau $50 per tahun. Jika dalam sebulan seorang member membaca dua tulisan premium dari dua penulis mitra yang bertanda * maka uang berlangganan $5 dibagi rata untuk dua penulis tulisan tersebut.
  11. NewNaratif.com (Penelitian, jurnalisme, komik, video, podcast),  untuk satu tulisan yang dimuat pada New Naratif, kalian akna mendapatkan bayaran sebesar $200
  12. Digstraksi.com (Cerita pendek, kisah perjalanan, pengalaman pribadi), penulis akan dibayar antara Rp.1 - Rp.100 per views. Misalnya dalam sebulan 10 artikel kalian berhasil ditayangkan di Digstraksi, dan masing-masing artikel mendapatkan 10.000 views sehingga total 100.000 views. Maka, kalian berhak mendapatkan bayaran sebesar Rp.1.000.000

Referensi:
www.pingkom.com/daftar-situs-yang-bayar-mahal-penulis

5. Jualan Pulsa

Cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk pelajar lainnya adalah dengan berjualan pulsa. Untuk berbisnis jualan pulsa dapat kalian lakukan dengan mudah dan tanpa memerlukan ijin khusus. Untuk menjadi agen pulsa kalian bisa menggunakan fasilitas M-Banking, mendaftar langsung melalui agen pulsa, ataupun mendaftar di aplikasi jual beli pulsa. 

6. Influencer di Media Sosial 

Menjadi seorang influencer di media sosial seperti Tiktok dan Instagram merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan buat kalian para pelajar. Saat ini tren menjadi influencer sedang hits dan bukan hal yang baru lagi. Influencer merupakan seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada orang banyak. semua orang berlomba-lomba untuk mengunggah konten di masing-masing platform untuk mendapatkan exposure dan menjadi terkenal. Selain popularitas, pundi-pundi rupiah yang dihasilkan merupakan tujuan banyak orang ingin menjadi influencer.

7. Menjadi Content Creator di Youtube

Cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk pelajar dari youtube dengan hanya menggunakan HP lainnya adalah dengan menjadi content creator di youtube. Content creator merupakan sebutan bagi kalian yang bekerja dengan menciptakan konten tertentu yang dibagikan secara online via youtube. Content creator merupakan pekerjaan yang sangat populer saat ini. Untuk menjadi seorang content creator saat ini cukup sulit, karena kalian harus bersaing dengan content creator lainnya yang jumlahnya sangat banyak. Kalian harus memiliki ide yang unik beda dari yang lain agar konten kalian bisa mengalahkan content creator lainnya. Banyak konten yang dapat kalian buat, seperti blogger, vlogger, maupun podcast. Apakah kalian tertarik menjadi content creator? 

8. Mengisi Survei Online Berbayar

Kalian bisa menjadi seorang responden untuk mengisi survei online berbayar sehingga mendapatkan penghasilan tambahan. Survei online merupakan metode penelitian dimana responden mengisi atau menjawab kuisioner melalui email ataupun situs web secara online. Berikut merupakan beberapa situs survey online berbayar yang bisa kalian ikuti..
  1. ClixSense
  2. Global Test Market
  3. iPanel
  4. Mobrog
  5. Opinion World
  6. PanelPlace
  7. SurveyOn
  8. Toluna
  9. ViewFruit
  10. YouGov Indonesia

9. Bisnis Trading Saham Online

Trading saham merupakan kegiatan jual beli saham dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual. Trading saham bisa menjadi pekerjaan sampingan kalian untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk melakukan trading saham, kalian harus memiliki perhitungan dan pertimbangan sebelum membeli dan menjual saham. Berikut merupakan beberapa aplikasi trading saham untuk mendapatkan penghasilan tambahan, diantaranya :
  1. Pintu, Pintu adalah aplikasi jual/beli dan investasi aset digital (cryptocurrency) yang mudah, praktis, dan instan di Indonesia. Pintu terdaftar dan diawasi oleh lembaga-lembaga pemerintah, yaitu Kominfo dan BAPPEBTI
  2. Stockbit, Stockbit adalah aplikasi untuk kalian yang ingin berdiskusi, analisa dan investasi saham dalam satu tempat.
  3. Indopremier IPOT, IPOT (Indo Premier Online Technology) adalah satu aplikasi dan satu rekening untuk semua kebutuhan investasi kalian. Aplikasi IPOT merupakan ekosistem online trading dari PT Indo Premier Sekuritas untuk investasi saham, reksa dana, dan ETF dengan fitur yang lengkap untuk mendukung aktivitas dan keputusan investasi masyarakat Indonesia.
  4. MOST - Mandiri Online Stock Trading, Mandiri Online Stock Trading merupakan aplikasi trading saham dari Mandiri Sekuritas yang hadir dengan UI sederhana dan ramah kepada pada pemula.
  5. BIONS – BNI Sekuritas Innovative Trading System, BIONS merupakan platform multi investasi yang memberikan kemudahan bagi kalian untuk bertansakasi berbagai instrumen investasi seperti Saham, Reksa Dana, Obligasi (Primary Market), dan EBA RItel secara online dan di dalam satu aplikasi yang aman, mudah, terpercaya, dan real time.
Bisnis trading saham merupakan pekerjaan yang menjanjikan, namun apabila kalian baru memulai, pastikan kalian telah mempelajari sebelumnya ya. jadi apakah kalian tertarik bisnis trading saham untuk mendapatkan penghasilan tambahan?

10. Menjadi Fotografer Menggunakan HP

Saat ini banyak orang bisa menghasilkan foto yang bagus tidak terkecuali kalian yang memiliki smartphone dengan resolusi kamera yang bagus. Berikut beberapa aplikasi foto yang dapat kalian gunakan untuk menjual hasil foto agar mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu ;
10 Cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk pelajar dari HP - Berikut merupakan beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk pelajar dari HP yang dapat pengajar pedia bagikan. Selalu ingat sebelum memulai melakukan pekerjaan untuk mempelajarinya terlebih dahulu, selain untuk meminimalisir resiko juga agar tujuan kalian cepat tercapai. Semoga berhasil !

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram