Tutorial Melindungi Folder File di Windows 10

Kalian sebagai pengguna sistem operasi windows 10 apakah sudah pernah mendengar fitur protect files folder?

 

Tutorial Melindungi Folder File di Windows 10


Tutorial Melindungi Folder File di Windows 10 - Kalian sebagai pengguna sistem operasi windows 10 apakah sudah pernah mendengar fitur protect files folder? fitur ini sangat berguna bagi pengguna windows 10 karena mampu melindungi folder file di windows 10 dari serangan virus malware berbahaya, dan tentunya mampu mencegah virus masuk ke komputer atau laptop kalian.

Untuk mengaktifkan fitur protect files di windows 10 cukup mudah dan simple dilakukan oleh siapapun, jadi kalian tidak perlu bingung, karena di kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial cara melindungi folder file di windows 10 menggunakan fitur protect files, untuk mengaktifkan fitur protect files kita tidak perlu menggunakan software tambahan lagi, karena fitur protect files ini sudah ada di windows 10, namun karena fitur ini tersembunyi jadi sebagian orang awam tidak pernah mengetahui bahwa windows 10 memiliki fitur pelindung files.

Malware dan Ransomeware



Sebelumnya kalian juga harus mengetahui mengenai virus ransomeware/malware terlebih dahulu. Malware atau program jahat adalah istilah bentukan untuk ‘Perangkat Lunak Jahat’ atau “Malicious Software”. Program ini terutama sekali dirancang untuk mendapatkan akses ke sebuah komputer milik seseorang dengan memperdayanya untuk memasang perangkat lunak tertentu. Malware ini melacak apa yang sedang diakses pengguna pada komputernya dan dapat menyebabkan kerusakan yang sama sekali tidak disadarinya. Malware kebanyakan terlihat dalam bentuk keylogger (pencatat tombol), virus, worm (cacing) atau spyware (program mata-mata). Sedangkan Ransomware pada dasarnya adalah sejenis malware yang mengunci komputer Anda dan menghalangi Anda untuk mengaksesnya hingga Anda membayar tebusan yang diminta.

Tutorial Cara Melindungi Folder File di Windows 10 Dari Serangan Virus Malware/Ransomware




Setelah mengetahui bahaya dari virus malware/ransomware maka kalian tau pentingnya untuk mengaktifkan fitur protect files folder. Untuk mengaktifkannya silakan simak tutorial dibawah ini.

1. Buka Menu Windows Security


Langkah pertama buka menu search di windows 10 dan tuliskan kata kunci windows security.

2. Masuk Ke Menu Virus Threat & Protection


Setelah berada di dalam menu windows security, kalian masuk ke menu fitur Virus Threat & Protection dan nanti kalian akan menemukan fitur Virus & Threat Protection Settings kemudian Klik Manage Settings

3. Buka Menu Controlled Folder Access


Langkah ketiga kalian sudah berada di dalam menu Virus & Threat Protection Settings kalian drag kebawah sampai menemukan fitur Controlled Folder Access kemudian klik Manage Controlled Folder Access

4. Buka Fitur Protected Folder



Di menu Ransomware Protection nantinya kalian akan menemukan menu controlled folder access kemudian on kan fitur tersebut setelah itu klik protected folders.

5. + Add A Protected Folder


Di bagian dalam menu protected folders di menu ini kita dapat melindungi seluruh folder di komputer atau laptop kita, untuk memproteksi folder C, D, E dan folder-folder penting lainnya kalian bisa mengklik + Add a protected folders kemudian pilih folder mana yang ingin kalian lindungi setelah itu klik select folder.

Setelah 5 tahap cara melindugi folder di windows 10 ini kamu lakukan, maka folder penyimpanan komputer kalian sudah di dilindugi dengan fitur protect files, dan seluruh data-data kalian akan aman dari serangan virus ransomware, serta fitur ini dapat mencegah kerusakan data komputer dari serangan virus berbahaya lainnya.
Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram