PEMBATIK 2022 Telah Dibuka! Ayo Segera Daftar

Pembatik 2022 Telah Dibuka - www.pengajarpedia.com
Pembatik 2022

Hai sobat pengajar dimana pun berada, apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Sebagai seorang pengajar kita dituntut untuk terus berinovasi dalam menyampaikan pembelajaran dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada. Untuk itu, pengajar harus terus meng-upgrade skill yang dimilikinya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti pelatihan PembaTIK tahun 2022. 

Apa itu PembaTIK?

PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran Berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi (4i leveling).

Filosofi pendidikan Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, tut wuri handayani dari Ki Hajar Dewantara menginspirasi digulirkannya kebijakan program Merdeka Belajar oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Filosofi pendidikan ini bukan slogan semata, namun sarat pesan kepada kita bahwasanya pengelolaan ekosistem pendidikan yang optimal akan menumbuhkan dan mengakselerasi kemerdekaan serta kemandirian dalam pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran, Merdeka Belajar memberi semangat perubahan untuk menentukan cara terbaik menerapkan metode dan inovasi pembelajaran bagi peserta didik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, mengembangkan keterampilan dalam bidang TIK (ICT aquisition), serta untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut memiliki kompetensi memanfaatkan TIK yang memadai sebagaimana dinyatakan pada Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru yang diaktualisasikan terutama untuk kepentingan pembelajaran (kompetensi pedagogik) dan untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri (kompetensi profesional).


Sejalan dengan hal itu, sejak tahun 2017 Pusdatin Kemendikbudristek (dahulu Pustekkom Kemendikbud) sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam mendayagunakan TIK untuk layanan pendidikan dan kebudayaan telah mengembangkan program peningkatan kompetensi TIK guru melalui kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) mengacu standar kompetensi TIK guru dari UNESCO yang diselenggarakan berjenjang dalam empat level kompetensi yaitu literasi, implementasi, kreasi, serta berbagi dan berkolaborasi. Pengembangan program Bimtek PembaTIK dilakukan dinamis dan adaptif terhadap arah kebijakan prioritas Kemendikbudristek serta perkembangan teknologi.

Bimtek PembaTIK tahun 2022 akan dilaksanakan dengan tema “Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar”. Melalui tema ini diharapkan peserta mampu meningkatkan kompetensi TIK melalui berbagai platform layanan sumber belajar digital dan berkompetisi dalam menghasilkan karya-karya terbaiknya pada setiap level. Pada PembaTIK level 4 akan terpilih sahabat rumah belajar terbaik yang berpeluang mengikuti seleksi calon Duta Rumah Belajar tahun 2022. Sahabat Rumah Belajar dan Duta Rumah Belajar terpilih inilah sebagai mitra penggerak komunitas belajar terdepan Kemendikbudristek yang akan mengakselerasi penguatan ekosistem pendidikan digital untuk keterlaksanaan Merdeka Belajar.

Manfaat PembaTIK

Adapun manfaat mengikuti PembaTIK, sebagai berikut :
  • Meningkatkan kompetensi literasi TIK
  • Meningkatkan kompetensi implementasi TIK
  • Meningkatkan kompetensi kreasi TIK
  • Meningkatkan kompetensi berbagi dan berkolaborasi
  • Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional
  • Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

Sasaran

Sasaran penyusunan pedoman penyelenggaraan PembaTIK Tahun 2022 adalah: 
  1. Guru 
  2. Tenaga kependidikan 
  3. Pengelola pendidikan 
  4. Penyelenggara bimtek PembaTIK

Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta yang ingin berpartisipasi dalam bimtek PembaTIK adalah:
  1. Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari semua jenjang yang dibuktikan dengan SK PNS yang bersangkutan. 
  2. Guru Tetap Yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan. 
  3. Guru Honorer di Instansi Pendidikan Pemerintah/Swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan

Cara Mendaftar

Silakan bapak/ibu mengunjungi situs simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik. Lalu silakan login dengan menggunakan akun google/belajar.id/rumah belajar. Setelah itu, silakan memilih jadwal pelatihan dengan menyesuaikan waktu yang bapak/ibu bisa.  Terakhir, silakan ikuti pelatihannya..

Bagaimana mudah bukan? Ayo segera daftarkan diri kalian sekarang juga ya, jangan sampai kehabisan kuota peserta.

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

2 komentar

  1. Wah saya masih sempet ikutan ngga ya
    1. Masih kok, silakan dipilih gelombangnya
© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram