Download Perangkat Ajar Informatika Kelas XI (Fase F)

Hai sobat pengajar dimanapun berada, semoga semua dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini pengajarpedia akan berbagi informasi bagaimana cara untuk menyusun CP, ATP & Modul Ajar yang merupakan perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka.

Download Perangkat Ajar Informatika Kelas XI (Fase F) - www.pengajarpedia.com
Download Perangkat Ajar Informatika Kelas XI (Fase F)

Ingat kembali ya, dasar penyusunan ketiga komponen tersebut dimulai dari Capaian Pembelajaran (CP) lalu Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kemudian baru bisa menyusun Modul Ajar. Selanjutnya kita akan membahas masing-masing dari komponen tersebut.

Capaian Pembelajaran (CP)

Pada Kurikulum 2013, istilah CP bisa dikatakan peleburan dari Kompetensi Inti (KI)/Kompetensi Dasar (KD). Dalam CP ini tidak terpisah seperti K13, jadi menjadi satu kesatuan. Untuk CP dikeluarkan dari pemerintah sehingga kita bisa langsung mendownload dari website program sekolah penggerak. Setiap mata pelajaran memiliki CP yang berbeda-beda. Untuk mata pelajaran Informatika tingkat SMA itu dimulai dari Fase E (Kelas X) & F Kelas (XI & XII).

  • Fase F 

Elemen-elemen CP Informatika tingkat SMA fase F sebagai berikut.
Elemen Capaian Pembelajaran
BK Pada akhir fase F, peserta didik mampu menganalisis beberapa strategi algoritmik secara kritis untuk menghasilkan banyak alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi, kemudian memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak.
TIK -
SK Menghasilkan prototipe perangkat lunak yang berinteraksi dengan single board computer/controller atau kit elektronika untuk edukasi yang bisa diprogram, serta mampu mengomunikasikan produk dan proses pengembangan perangkat lunak yang dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak aplikasi.
JKI Pada akhir fase F, peserta didik memahami konsep lanjutan jaringan komputer dan internet meliputi topologi jaringan yang menghubungkan beberapa komputer, aspek teknis berbagai jaringan komputer, lapisan informasi dalam suatu sistem jaringan komputer (OSI Layer), komponen jaringan komputer, dan mekanisme pertukaran data, konsep cyber security, tata kelola kontrol akses data, serta faktor-faktor dan konfigurasi keamanan jaringan..
AD -
AP Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengembangkan program modular yang berukuran besar menggunakan bahasa pemrograman yang ditentukan, mampu memahami, memelihara, dan menyempurnakan struktur program (aspek statik) dan eksekusi (aspek dinamik) suatu source code, memahami algoritma standar dan strategi efisiensinya, merancang dan mengimplementasikan struktur data abstrak yang kompleks seperti beberapa library standar termasuk library untuk Artificial Intelligence dan library untuk pengolahan data bervolume besar, serta menerjemahkan sebuah program dalam satu bahasa yang sudah dikenalnya ke bahasa lain berdasarkan kaidah translasi yang diberikan.
DSI Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengkaji, menganalisis, dan memberikan berbagai argumentasi dan rasional secara kritis pada kasus-kasus sosial terkini terkait produk TIK dan sistem komputasi.
PLB Pada akhir fase F, peserta didik mampu bergotong royong dalam tim inklusif untuk mengerjakan projek pengembangan sistem komputasi dengan menganalisis dan mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan sistem komputasi sebagai solusi dari persoalan tersebut, serta mengomunikasikan produk, proses pengembangan dan manfaatnya secara lisan dan tertulis.

Dari CP tersebut kita bisa menemukan materi dan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik yang akan kita gunakan untuk menyusun ATP. 

Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

ATP merupakan alur yang digunakan untuk mencapai CP. Ada beberapa informasi yang terdapat pada ATP, seperti :

  1. Identitas
  2. Tujuan Pembelajaran (TP)
  3. Materi Ajar
  4. Profil Pelajar Pancasila
  5. Jumlah Jam Pelajaran (JP)
Dalam menyusun materi pembelajaran, kita juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan bahan ajar yang telah disiapkan oleh pemerintah. Selanjutnya pada Profil Pelajar Pancasila, yang dicantumkan tidak semua dari profil pelajar pancasila, silakan dipilih misalkan 2 atau lebih yang memang cocok untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Misalnya dalam mata pelajaran Informatika, kita menggunakan unsur Bergotong-royong dan Bernalar Kritis. Bergotong-royong biasanya kita lakukan pengamatan dalam kegiatan kelompok atau diskusi. Kemudian Bernalar Kritis bisa kita dapatkan dari tes secara lisan maupun tulis dalam proses pembelajaran, jadi kita melakukan penilaian secara berkelanjutan. ATP dalam kurikulum 2013 bisa dikatakan seperti silabus.

Alur Tujuan Pembelajaran

Related Posts

Modul Ajar

Dalam kurikulum 2013 kita mengenal adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), nah di Kurikulum Merdeka diganti menggunakan Modul Ajar. Modul Ajar digunakan sebagai pedoman untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Nah darimana kita menyusun modul ajar?

Untuk menyusun modul ajar, kita berpatokan dari ATP yang sudah kita buat sebelumnya. Nah untuk komponen modul ajar ada tiga (versi lengkap) sebagai berikut :
  • Informasi Umum
    • Identitas penulis modul
    • Kompetensi awal
    • Profil pelajar pancasila
    • Sarana dan prasarana
    • Target peserta didik
    • Model pembelajaran yang digunakan
  • Komponen Inti
    • Tujuan pembelajaran
    • Asesmen
    • Pemahaman bermakna
    • Pertanyaan pemantik
    • Kegiatan pembelajaran
    • Refleksi peserta didik dan pendidik
  • Lampiran
    • Lembar kerja peserta didik
    • Pengayaan dan remedial
    • Bahan bacaan pendidik dan peserta didik
    • Glosarium
    • Daftar pustaka
Pendidik memiliki keleluasaan untuk memilih dan memodifikasi contoh-contoh modul ajar yang tersedia atau mengembangkan modul ajar sendiri, sesuai dengan konteks, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik.

Nama File File
Tentang Informatika Unduh
Strategi Algoritma dan Pemrograman Unduh
Berpikir Kritis dan Dampak Sosial Informatika Unduh
Jaringan Komputer dan Internet Unduh
Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Library Kecerdasan Buatan Unduh
Proyek Analisis Data Hutanku Unduh

Ayo bergabung dalam grup telegram agar mendapatkan informasi ter-update! Klik disini

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram