Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2024 Tingkat SMA/MA/Sederajat

Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat SMA 2024 - www.pengajarpedia.com
Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2024 Tingkat SMA/MA/Sederajat

Hai sobat pengajar, tidak terasa Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA/MA/Sederajat akan segera diadakan kembali. Ayo kita sama-sama simak ketentuannya dalam buku Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2024 Tingkat SMA/MA/Sederajat berikut ini.

Tujuan Penyelenggaraan OSN

Tujuan Umum :
  1. Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul. 
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  3. Membangun atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat. 
  4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan. 
Tujuan Khusus :
  1. Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam cabang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. 
  2. Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional.
  3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

Hasil yang Diharapkan

  1. Terselenggaranya seleksi peserta OSN cabang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah (OSN-S), kabupaten/kota (OSN-K), tingkat provinsi (OSN-P), sampai ke tingkat nasional (OSN). 
  2. Terpilihnya calon peserta Olimpiade Sains Nasional, dimulai dari hasil seleksi tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, dan tingkat provinsi. Terseleksinya siswa ditingkat provinsi sebagai pemenang selanjutnya diikutsertakan ke tingkat nasional. 
  3. Terpilihnya peserta didik terbaik dari OSN, selanjutnya dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional. 
  4. Terciptanya basis data talenta nasional dalam bidang sains.

Bidang dan Cabang Lomba

Ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) masuk dalam kelompok bidang Riset dan Inovasi. Cabang lomba dalam OSN adalah: 
  1. Matematika 
  2. Fisika 
  3. Kimia 
  4. Informatika/Komputer 
  5. Biologi 
  6. Astronomi 
  7. Ekonomi 
  8. Kebumian 
  9. Geografi

Mekanisme

Penyelenggaraan OSN dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional. Tingkatan ini merupakan tahapan proses seleksi dimana setiap tahapan mempunyai ketentuannya tersendiri. Adapun penyelenggaraan pada setiap jenjang adalah sebagai berikut: 
  1. Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S) Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S). OSN-S diselenggarakan oleh masing-masing sekolah/satuan pendidikan, dengan ketentuan seleksi yang dibuat dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah atau Kepala Satuan Pendidikan. Peserta terbaik hasil seleksi sekolah/satuan pendidikan akan menjadi wakil sekolah/satuan pendidikan ke tingkatan berikutnya, yaitu OSN-K. 
  2. Olimpiade Sains Nasional tingkat Kab/Kota (OSN-K) OSN-K diselenggarakan oleh masing-masing cabang dinas pendidikan provinsi bekerja sama dengan satuan pendidikan setempat, MKKS/MGMP, dan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumberdaya. Ketentuan pelaksanaan OSN-K mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek. Peserta terbaik hasil seleksi OSN-K akan menjadi wakil kabupaten/kota ke tingkatan berikutnya, yaitu OSN-P. 
  3. Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P) OSN-P diselenggarakan oleh masing-masing dinas pendidikan provinsi bekerja sama dengan satuan pendidikan setempat, MKKS/MGMP, dan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumber daya. Ketentuan pelaksanaan OSN-P mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek. Peserta terbaik hasil seleksi OSN-P dan dengan kriteria penilaian tertentu akan menjadi peserta OSN tingkat nasional. 
  4. Olimpiade Sains Nasional (OSN) OSN Tingkat Nasional atau disebut OSN diselenggarakan oleh BPTI bekerja sama dengan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumber daya. Ketentuan pelaksanaan OSN mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek.

Jadwal Pelaksanaan

Pelaksanaan Olimpiade Sains dilakukan melalui seleksi secara bertingkat dengan penjadwalan sebagai berikut:
Jadwal Pelaksanaan OSN Tingkat SMA/MA/Sederajat

Untuk informasi ketentuan lengkapnya bisa kalian lihat pada buku Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2024 Tingkat SMA/MA/Sederajat berikut ini :

Semoga informasi ini bermanfaat, selamat berjuang peserta OSN tingkat SMA/MA/Sederajat tahun 2024, untuk download soal dan pembahasan setiap mapel kalian bisa klik disini.

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram