Mengenal Awan Penggerak Kemendikbudristek

Untuk lebih mengoptimalisasikan layanan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis Awan Penggerak. Awan Penggerak merupakan sistem peningkatan kompetensi dan kinerja yang dapat diakses secara luring  (offline) dengan sumber informasi dari Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan sumber lain yang dapat dimanfaatkan oleh PTK di daerah khusus atau satuan pendidikan yang mengalami kendala jaringan internet khususnya di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Mengenal Awan Penggerak Kemendikbudristek - www.pengajarpedia.com
Mengenal Awan Penggerak Kemendikbudristek

Dalam kegiatan bertema “Rilis Awan Penggerak: “Gerakan Membangun Ekosistem Belajar Guru yang Saling Menguatkan ke Seluruh Pelosok Negeri” berlokasi di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, pada Kamis 14 Maret 2024. Kemendikbudristek menyadari tantangan akses layanan pendidikan ini juga berimbas pada program prioritas Kemendikbudristek yang belum berjalan optimal di daerah khusus.


Sistem Awan Penggerak telah mulai dilakukan uji coba pada enam provinsi meliputi Papua Barat, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, dan Aceh.

Lebih Mengenal Awan Penggerak Kemendikbudristek

Siapa yang dapat memanfaatkan Awan Penggerak?
Awan Penggerak dapat dimanfaatkan oleh Guru, Kepala Sekolah, dan Siswa mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB

Bagaimana cara mengunduh materi dalam pelatihan mandiri?
Unduhan hanya dilakukan untuk materi pelatihan berupa bahan tayang, buku, atau artikel (ppt dan pdf) namun untuk video tidak dapat diunduh.
Apakah memanfaatkan Awan Penggerak harus tersambung dengan jaringan internet?
Awan Penggerak merupakan sebuah sistem berbasis local host atau server lokal sehingga dalam pemanfaatannya tidak terhubung jaringan internet (offline). Sekolah hanya perlu menyalakan laptop/ komputer yang terinstal Awan Penggerak (berfungsi sebagai server lokal) dan acces point.

Apakah handphone/telepon seluler dapat digunakan untuk mengeksplor Awan Penggerak?
Handphone/telepon selular dapat digunakan untuk mengeksplor Awan Penggerak, begitu juga dengan laptop (termasuk jenis ChromeBook dan Macbook) namun belum dapat digunakan untuk diinstalkan di dalamnya
Bagaimana cara masuk ke Awan Penggerak?
Untuk masuk (login) ke dalam awan penggerak, menggunakan akun (user dan password) yang akan dibagikan oleh admin

Apakah jenis browser/peramban yang dapat digunakan untuk membuka Awan Penggerak?
Semua browser/peramban mutakhir seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Internet Explorer, ataupun Safari dapat digunakan untuk membuka Awan Penggerak
Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram