Contoh Isi Formulir Tindak Lanjut Observasi Kelas

Observasi kelas adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh supervisior untuk mengamati guru yang sedang melaksanakan tugasnya baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melakukan pencatatan-pencatatan atas kegiatannya tersebut. 
Contoh Isi Formulir Tindak Lanjut Observasi Kelas - www.pengajarpedia.com
Contoh Isi Formulir Tindak Lanjut Observasi Kelas

Observasi kelas dilakukan dengan kunjungan kelas, artinya kepala sekolah mengunjungi kelas yang akan diobservasi dan atau dilihat secara langsung. Observasi kelas, akan berhasil dengan baik apabila sebelum pelaksanaan kegiatan tersebutkepala sekolah mempersiapkan terlebih dahulu dengan sebaik-baiknya. Koordinasi dan kerjasama dengan guru perlu ditingkatkan sehingga persepsi guru terhadap observasi kelas menjadi sama baiknya dengan kepala sekolah. 

Jika persepsi guru dengan kepala sekolah berbeda dalam hal observasi kelas, maka akan terjadi kecemasan bagi guru itu sendiri, yang pada gilirannya akan mengganggu proses pelaksanaan observasi kelas. Observasi kelas merupakan kegiatan yang sangat penting dalam supervisi pengajaran, karena observasi kelas merupakan pencatatan yang dilakukan secara sistematis pada proses belajar mengajar. Secara umum tujuan observasi kelas adalah untuk mendapatkan data tentang segala sesuatu yang terjadi dalam proses belajar-mengajar, yang selanjutnya berdasarkan data yang diperoleh itu akan dijadikan sebagai dasar dalam upaya pembinaan dan pengembangan terhadap kemampuan profesional guru.

Berikut adalah langkah dalam membuat observasi kelas di aplikasi PMM. 
  1. Buka aplikasi PMM di web https://guru.kemdikbud.go.id/
  2. Masukkan user dan password guru belajar.id
  3. Setelah terbuka menu atau jendela PMM pilih Pengelolaan Kinerja
  4. Kemudian pilih cek dan sepakati (tombol biru di pojok kanan atas)
  5. Kemudian muncul halaman Perencanaan Kinerja.
  6. Setelah muncul halaman “Cek Perencanaan Kinerja yang Disetujui Atasan”. Baca kembali semua point dari halaman tersebut dari atas sampai bawah.
  7. Cek semua hasil kesepakatan di aplikasi, yang sudah kita buat di bulan Januari dengan persetujuan atasan atau Kepala Sekolah.
  8. Jika sudah selesai silahkan memilih tombol sepakat. Atau kita bisa cek kembali semua Perencanan yang sudah dibuat. Setelah itu pilih tombol “sepakat”
  9. Setelah klik “sepakat” Maka akan muncul Halaman Perencanaan Kinerja. Lalu klik praktek kinerja
  10. Ikuti langkah yang ada di aplikasi untuk pengisian detail tentang observasi kelas.

Pada halaman Penerapan Disiplin Positif. Kita wajib mengisi atau mencentang kolom. Perilaku Positif yang Ditunjukkan ketika melakukan Observasi Kelas. Pilih indikator perilaku maksimal 3. Setelah memilih kita akan diarahkan untuk mengisi apa saja upaya untuk mempelajari target perilaku. Kolom pengisian sudah disediakan di masing-masing indikator. Contoh pengisian target observasi kelas. Misalkan kita memilih point “Guru memfasilitasi peserta didik menyadari konsekuensi dan memperbaiki perilaku melanggarnya (restitusi). Pada point tersebut kita bisa mempersiapkan dokumen buku perkembangan perilaku murid dan upaya memperbaikinya. Atau bisa kita siapak buku BP (Bimbingan Konseling). Setelah mengisi target observasi kelas. Kita akan diarahkan ke pengisian jadwal observasi kelas, kita akan mengisi tanggal observasi, jenjang, kelas, mata pelajaran dan mengisi catatan lain jika diperlukan pada saat observasi kelas. Rencana Hasil Kerja wajib yang disepakati adalah observasi kelas. Observasi kelas membutuhkan perangkat administrasi kelas.

Berikut apa saja persiapan sebelum observasi kelas oleh kepala sekolah:
  1. Menentukan materi apa yang akan diambil dalam pembelajaran.
  2. Menentukan tehnik atau metode pembelajaran.
  3. Menyiapkan adminitrasi kelas seperti absen kehadiran, notulen, buku BK dan pendukung lainya.
  4. Menentukan jadwal pelaksanaan observasi kelas.
  5. Menyiapkan Modul Ajar / RPP.
Download Contoh Isi Formulir Tindak Lanjut Observasi Kelas


Contoh Isi Formulir Tindak Lanjut Observasi Kelas 403 Kb

Sekian Contoh Isi Formulir Tindak Lanjut Observasi Kelas yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram