CP, ATP & Modul Ajar TK/PAUD Kurikulum Merdeka Versi Terbaru 2022

CP, ATP dan Modul Ajar TK/Paud Kurikulum Merdeka Versi Terbaru 2022 - www.pengajarpedia.com
CP, ATP dan Modul Ajar TK/Paud Kurikulum Merdeka Versi Terbaru 2022

Hai sobat pengajar dimanapun berada, semoga semua dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini pengajarpedia akan berbagi informasi bagaimana cara untuk menyusun CP, ATP & Modul Ajar yang merupakan perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka.

Ingat kembali ya, dasar penyusunan ketiga komponen tersebut dimulai dari Capaian Pembelajaran (CP) lalu Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) kemudian baru bisa menyusun Modul Ajar. Selanjutnya kita akan membahas masing-masing dari komponen tersebut.

Elemen Capaian Pembelajaran TK/PAUD

Pada Kurikulum 2013, istilah CP bisa dikatakan peleburan dari Kompetensi Inti (KI)/Kompetensi Dasar (KD). Dalam CP ini tidak terpisah seperti K13, jadi menjadi satu kesatuan. Untuk CP dikeluarkan dari pemerintah sehingga kita bisa langsung mendownload dari website program sekolah penggerak. Setiap mata pelajaran memiliki CP yang berbeda-beda. Berikut Capaian Pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik yang dijabarkan melalui beberapa elemen.

1. Nilai Agama dan Budi Pekerti, 

Anak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mulai mengenal dan mempraktikkan ajaran pokok sesuai dengan agama dan kepercayaanNya. Anak berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, kesehatan dan keselamatan diri sebagai bentuk rasa sayang terhadap dirinya dan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa. Anak menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya dan mempraktikkan perilaku baik dan berakhlak mulia. Anak menghargai alam dengan cara merawatnya dan menunjukkan rasa sayang terhadap makhluk hidup yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

2. Jati Diri, 

Anak mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi diri serta membangun hubungan sosial secara sehat. Anak mengenal dan memiliki perilaku positif terhadap diri dan lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat, negara, dan dunia) serta rasa bangga sebagai anak Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Anak menyesuaikan diri dengan lingkungan, aturan, dan norma yang berlaku. Anak menggunakan fungsi gerak (motorik kasar, halus, dan taktil) untuk mengeksplorasi dan memanipulasi berbagai objek dan lingkungan sekitar sebagai bentuk pengembangan diri.

3. Dasar-dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni,

Anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengkomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan. Anak menunjukan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. Anak mengenali dan menggunakan konsep pramatematika untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Anak menunjukan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen dengan menggunakan lingkungan sekitar dan media sebagai sumber belajar, untuk mendapatkan gagasan mengenai fenomena alam dan sosial. Anak menunjukan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa teknologi serta untu mencari informasi, gagasan, dan keterampilan secara aman dan bertanggungjawab. Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya serta mengapresiasi karya seni.

Dari CP tersebut kita bisa menemukan materi dan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik yang akan kita gunakan untuk menyusun ATP. 
Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

ATP merupakan alur yang digunakan untuk mencapai CP. Ada beberapa informasi yang terdapat pada ATP, seperti :

  1. Identitas
  2. Tujuan Pembelajaran (TP)
  3. Materi Ajar
  4. Profil Pelajar Pancasila
  5. Jumlah Jam Pelajaran (JP)
Dalam menyusun materi pembelajaran, kita juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan bahan ajar yang telah disiapkan oleh pemerintah. Selanjutnya pada Profil Pelajar Pancasila, yang dicantumkan tidak semua dari profil pelajar pancasila, silakan dipilih misalkan 2 atau lebih yang memang cocok untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. ATP dalam kurikulum 2013 bisa dikatakan seperti silabus.

Modul Ajar

Dalam kurikulum 2013 kita mengenal adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), nah di Kurikulum Merdeka diganti menggunakan Modul Ajar. Modul Ajar digunakan sebagai pedoman untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Nah darimana kita menyusun modul ajar?

Untuk menyusun modul ajar, kita berpatokan dari ATP yang sudah kita buat sebelumnya. Nah untuk komponen modul ajar ada tiga (versi lengkap) sebagai berikut :
  • Informasi Umum
    • Identitas penulis modul
    • Kompetensi awal
    • Profil pelajar pancasila
    • Sarana dan prasarana
    • Target peserta didik
    • Model pembelajaran yang digunakan
  • Komponen Inti
    • Tujuan pembelajaran
    • Asesmen
    • Pemahaman bermakna
    • Pertanyaan pemantik
    • Kegiatan pembelajaran
    • Refleksi peserta didik dan pendidik
  • Lampiran
    • Lembar kerja peserta didik
    • Pengayaan dan remedial
    • Bahan bacaan pendidik dan peserta didik
    • Glosarium
    • Daftar pustaka
Pendidik memiliki keleluasaan untuk memilih dan memodifikasi contoh-contoh modul ajar yang tersedia atau mengembangkan modul ajar sendiri, sesuai dengan konteks, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik.

Nama File File
Modul Ajar
Modul 1 Dokter Hewan Unduh
Modul 2 Pohon Unduh
Modul 3 - Projek Pohon Unduh
Modul 4 - Angin dan Cahaya Unduh
Modul 5 - Banjir dan Hujan Unduh
Modul 6 - Roda Unduh
Modul 7 - Burung Kutilang Unduh
Modul 8 - Pergi ke Sekolah Unduh
Modul 9 - Keluarga Unduh
Modul 10 Unduh
Buku
Buku 1 - Belajar dan Bermain Unduh
Buku 2 - Jati Diri Unduh
Buku 3 - Literasi Unduh
Buku 4 - Pengembangan Pembelajaran Unduh
Buku 5 - Profil Pelajar Pancasila Unduh

Ayo bergabung dalam grup telegram agar mendapatkan informasi ter-update! Klik disini

Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

3 komentar

  1. Alhamdulillah terima kasih admin sengat membantu sekali
    salam dari Solok Selatan Mulyadi.A, S.Pd
  2. Terimakasih min 🙏
  3. Terimakasih, sangat membantu saya yang sedang kebingungan..
© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram