40+ Soal dan Kunci Jawaban Informatika Kelas X

Selamat datang di kumpulan soal informatika kelas X! Informatika adalah ilmu yang mempelajari pengolahan informasi menggunakan teknologi komputer. Mata pelajaran ini mencakup berbagai topik, mulai dari dasar-dasar komputasi, algoritma, pemrograman, hingga pemahaman mendalam tentang sistem informasi dan jaringan komputer. Melalui mata pelajaran ini, siswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan berpikir logis, analitis, dan kreatif, yang sangat penting di era digital saat ini.

40+ Soal dan Kunci Jawaban Informatika Kelas X  - www.pengajarpedia.com
40+ Soal dan Kunci Jawaban Informatika Kelas X 

Tujuan dari kumpulan soal ini adalah untuk membantu siswa memperdalam pemahaman mereka terhadap materi yang telah diajarkan di kelas. Soal-soal ini dirancang untuk menantang kemampuan siswa dalam berbagai aspek informatika.

Kami berharap kumpulan soal ini dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung proses belajar siswa dan membantu mereka mencapai hasil yang optimal dalam mata pelajaran informatika. Dengan berlatih mengerjakan soal-soal ini, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi ujian dan tantangan di dunia nyata yang semakin didominasi oleh teknologi informasi.

Selamat belajar, dan semoga sukses!

1) Sebuah urutan langkah demi langkah yang sistematis dan logis untuk menyelesaikan permasalahan disebut dengan…
A. Proses
B. Program
C. Algoritma
D. Diagram
E. Flowchart
JAWABAN:C

2) Apa yang dimaksud dengan konsep perulangan (looping) dalam pemrograman…
A. Menambahkan warna pada elemen tampilan
B. Memasukan variable tertentu
C. Melakukan tugas berulang kali dengan kondisi tertentu
D. Melakukan tugas hanya sekali
E. Melakukan tugas dengan kondisi benar/salah
JAWABAN:C

3) Pengertian dari variable adalah…
A. Suatu tempat untuk menyimpan data
B. Suatu jenis data yang membedakan data satu dan lainnya
C. Suatu memori pada komputer yang digunakan untuk menyimpan
D. Karakter khusus yang berupa symbol atau tanda yang memerintahkan compiler untuk melakukan berbagai operasi
E. Suatu fungsi yang digunakan untuk mencetak hasil dari program
JAWABAN:A

4) Pengertian dari tipe data adalah…
A. Suatu tempat untuk menyimpan data
B. Suatu jenis data yang membedakan data satu dan lainnya
C. Suatu memori pada komputer yang digunakan untuk menyimpan
D. Karakter khusus yang berupa symbol atau tanda yang memerintahkan compiler untuk melakukan berbagai operasi
E. Suatu fungsi yang digunakan untuk mencetak hasil dari program
JAWABAN:B

5) int angka=4;
Dari kode berikut, kode “angka” merupakan…
A. Operator
B. Variabel
C. Konstanta
D. Tipe data
E. Value
JAWABAN:B

6) int angka=4;
Dari kode berikut, kode “int” merupakan…
A. Operator
B. Variabel
C. Konstanta
D. Tipe data
E. Value
JAWABAN:D

7) int angka=4;
Dari kode berikut, kode “4” merupakan…
A. Operator
B. Variabel
C. Konstanta
D. Tipe data
E. Value
JAWABAN:E

8) Tipe data “int” atau integer, merupakan tipe data yag menyimpan data berupa..
A. Bilangan bulat
B. Huruf
C. Benar/Salah
D. Bilangan desimal
E. Kata
JAWABAN:A

9) Tipe data “char” atau character, merupakan tipe data yag menyimpan data berupa..
A. Bilangan bulat
B. Huruf
C. Benar/Salah
D. Bilangan desimal
E. Kata
JAWABAN:B

10) Tipe data “int” atau integer, merupakan tipe data yag menyimpan data berupa..
A. Bilangan bulat
B. Huruf
C. Benar/Salah
D. Bilangan desima
E. Kata
JAWABAN:A

11) Caca ingin menuliskan program Bahasa C yang dapat memasukan data nama “Ni Putu Caca Cantika Jegeg”. Jenis tipe data yang sebaiknya digunakan Caca adalah…
A. Float
B. Printf
C. Boolean
D. Integer
E. Char
JAWABAN:E

12) Cara penulisan algoritma menggunakan notasi grafis atau bagan adalah…
A. Algoritma
B. Pseudocode
C. Decision
D. Flowchart
E. Terminator
JAWABAN:D

13) Untuk memulai dan mengakhiri suatu program dalam flowchart menggunakan symbol..
A. Terminator
B. Proses
C. Decision
D. Preparation
E. Input/Output
JAWABAN:A

14) Fungsi dari simbol flowchart dibawah ini adalah…
A. Untuk memulai dan mengakhiri suatu program
B. Untuk melakukan proses pemrograman
C. Simbol yang digunakan untuk memberikan kondisi tertentu yang menghasilkan dua pilihan keluaran benar/salah
D. Untuk menunjukan arah aliran program
E. Untuk melakukan input/output dalam pemrograman
JAWABAN:A

15) Fungsi dari simbol flowchart dibawah ini adalah…
A. Untuk memulai dan mengakhiri suatu program
B. Untuk melakukan proses pemrograman
C. Simbol yang digunakan untuk memberikan kondisi tertentu yang menghasilkan dua pilihan keluaran benar/salah
D. Untuk menunjukan arah aliran program
E. Untuk melakukan input/output dalam pemrograman
JAWABAN:B

16) Fungsi dari simbol flowchart dibawah ini adalah…




A. Untuk memulai dan mengakhiri suatu program
B. Untuk melakukan proses pemrograman
C. Simbol yang digunakan untuk memberikan kondisi tertentu yang menghasilkan dua pilihan keluaran benar/salah
D. Untuk menunjukan arah aliran program
E. Untuk melakukan input/output dalam pemrograman
JAWABAN:C

17) Fungsi dari simbol flowchart dibawah ini adalah…



A. Untuk memulai dan mengakhiri suatu program
B. Untuk melakukan proses pemrograman
C. Simbol yang digunakan untuk memberikan kondisi tertentu yang menghasilkan dua pilihan keluaran benar/salah
D. Untuk menunjukan arah aliran program
E. Untuk melakukan input/output dalam pemrograman
JAWABAN:D

18) Fungsi dari simbol flowchart dibawah ini adalah…
A. Untuk memulai dan mengakhiri suatu program
B. Untuk melakukan proses pemrograman
C. Simbol yang digunakan untuk memberikan kondisi tertentu yang menghasilkan dua pilihan keluaran benar/salah
D. Untuk menunjukan arah aliran program
E. Untuk melakukan input/output dalam pemrograman
JAWABAN:E

19) Perhatikan flowchart dibawah ini!

Pada gambar flowchart diatas, digunakan untuk membuat program penyelesaian permasalahan untuk…
A. Mencari keliling lingkaran
B. Mencari luas lingkaran
C. Mencari keliling segitiga
D. Mencari luas segitiga
E. Mencari luas persegi
JAWABAN:A

20) Perhatikan flowchart dibawah ini!

Pada gambar flowchart diatas, digunakan untuk membuat program penyelesaian permasalahan untuk…
A. Mencari bilangan genap/ganjil
B. Mencari bilangan desimal
C. Mencari bilangan positif/negatif
D. Mencari bilangan bulat
E. Mencari bilangan ganjil
JAWABAN:A

21) Apa fungsi utama dari sebuah flowchart…
A. Menampilkan data dalam bentuk tabel
B. Menyusun algoritma dalam bentuk teks
C. Mempresentasikan Langkah-langkah dalam sebuah proses
D. Menghitung nilai matematika
E. Membuat dokumen teks
JAWABAN:C

22) Simbol flowchart yang digunakan untuk menunjukan keputusan adalah…
A. Persegi panjang
B. Belah ketupat
C. Oval
D. Panah
E. Lingkaran
JAWABAN:B

23) Apa fungsi yang digunakan untuk melakukan percabangan dalam Bahasa C?
A. Loop
B. If
C. For
D. While
E. Switch
JAWABAN:B

24) Perhatikan potongan kode berikut!
Apa hasil keluaran dari kode tersebut?
A. Hello
B. World
C. HelloWorld
D. 5
E. Tidak ada output
JAWABAN:A

25) Perhatikan potongan kode berikut!
Apa hasil keluaran dari kode tersebut?
A. Small
B. Equal
C. Large
D. 7
E. Tidak ada output
JAWABAN:B

26) Perhatikan potongan kode berikut!
Pada kode diatas, berapa variabel yang digunakan?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
JAWABAN:A

27) Peryataan ‘else if’ digunakan untuk…
A. Mengakhiri program jika semua kondisi salah
B. Mengevaluasi kondisi tambahan jika kondisi sebelumnya salah
C. Melakukan perulangan berdasarkan kondisi
D. Mengimpor library tertentu
E. Mendeklarasikan fungsi baru
JAWABAN:B

28) Manakah dari pernyataan berikut yang digunakan untuk memulai loop for di Bahasa C?
A. for (i=0; i<=10; i++)
B. loop (i=0; i<10; i++)
C. repeat (i=0; i<10; i++)
D. while (i=0; i<10; i++)
E. do (i=0; i<10; i++)
JAWABAN:A

29) Perhatikan potongan kode berikut!
Apa hasil keluaran dari kode tersebut?
A. 1 2 3 4 5
B. 0 1 2 3 4 5
C. 0 1 2 3 4
D. 1 2 3 4
E. 5 4 3 2 1
JAWABAN:C

30) Perhatikan potongan kode berikut!
Apa hasil keluaran dari kode tersebut?
A. Hello Hello Hello
B. Hello Hello
C. Hello
D. Hello Hello Hello Hello
E. Infinity Loop
JAWABAN:A

31) Dalam bahasa C, perulangan mana yang termasuk ke dalam counted loop?
A. While
B. For
C. Do-While
D. Switch
E. Printf
JAWABAN:B

32) Dalam bahasa C, perulangan mana yang termasuk ke dalam uncounted loop?
A. While
B. For
C. Scanf
D. Switch
E. Printf
JAWABAN:A

33) Apa yang dimaksud dengan algoritma?
A. Sebuah bahasa pemrograman populer
B. Sebuah prosedur langkah demi langkah untuk menyelesaikan masalah
C. Sebuah perangkat keras komputer
D. Sebuah jenis virus komputer
E. Sebuah aplikasi permainan
JAWABAN:B

34) Apa fungsi dari perintah ‘scanf()’ dalam Bahasa pemrograman C?
A. Menyimpan data dalam file
B. Mendefinisikan sebuah variabel
C. Menjalankan sebuah perintah secara berulang
D. Membaca input dari pengguna
E. Mencetak output ke layar
JAWABAN:D

35) Apa fungsi dari perintah ‘printf()’ dalam Bahasa pemrograman C?
A. Menyimpan data dalam file
B. Mendefinisikan sebuah variabel
C. Menjalankan sebuah perintah secara berulang
D. Membaca input dari pengguna
E. Mencetak output ke layar
JAWABAN:E

36) Bagaimana cara mendeklarasikan sebuah variabel integer dengan nama “umur” dalam Bahasa C?
A. int umur;
B. integer umur;
C. declare umur;
D. var umur;
E. umur=int;
JAWABAN:A

37) Perhatikan potongan kode berikut!
Pernyataan mana yang salah tentang hasil keluaran dari potongan kode program di atas?
A. Jika nilai yang dimasukan adalah 90, program akan mencetak “Nilai Anda sangat baik!”
B. Jika nilai yang dimasukan adalah 70, program akan mencetak “Nilai Anda cukup baik!”
C. Jika nilai yang dimasukan adalah 50, program akan mencetak “Anda perlu belajar lebih giat lagi!”
D. Jika nilai yang dimasukan adalah 80, program akan mencetak “Anda perlu belajar lebih giat lagi”
E. Jika nilai yang dimasukan adalah 85, program akan mencetak “Nilai Anda sangat baik!”
JAWABAN:D

38) Kode program perulangan yang digunakan untuk menghasilkan keluaran ‘3 4 5 6’ adalah…
A. for (i=3; i<=5; i++)
B. for (i=3; i<7; i++)
C. for (i=3; i<=7; i++)
D. for (i=3; i<5; i++)
E. for (i=3; i<6; i++)
JAWABAN:B

39) Kode program perulangan yang digunakan untuk menghasilkan keluaran ‘21 22 23’ adalah…
A. for (i=21; i<=23; i++)
B. for (i=21; i<23; i++)
C. for (i=21; i<=24; i++)
D. for (i=21; i<25; i++)
E. for (i=20; i<=23; i++)
JAWABAN:A

40) Perhatikan kode berikut!
Pada program diatas, fungsi dari ‘&nilai’ pada kode tersebut adalah?
A. Untuk mencetak keluaran program
B. Untuk menerima inputan dari pengguna
C. Untuk menyimpan nilai
D. Untuk menyimpan nilai yang diinputkan pada variabel “nilai”
E. Untuk membandingkan nilai value
JAWABAN:D

Akhir kata, mari kita terus berinovasi dan tidak pernah berhenti belajar. Dunia informatika menawarkan peluang yang luas dan tantangan yang menarik. Dengan semangat dan dedikasi, kita pasti bisa meraih prestasi yang gemilang di bidang ini.

Terima kasih dan sampai jumpa pada materi berikutnya!






Baca Juga :
Menulis Untuk Mengingat dan Berbagi

Posting Komentar

© 2021 - by Pengajar Pedia Pengajar Pedia
Pengajar Pedia

Gabung Grup Telegram